Dasar-Dasar dalam Desain Interior Rumah

Desain interior rumah merupakan seni yang tidak semua orang dapat aplikasikan dengan baik pada rumah mereka. Demikian juga bagi pemilik jenis bangunan lainnya, seperti mall, supermarket atau kantor, mereka juga tidak tentu mampu menciptakan desain interior bagi gedung mereka dengan baik. Hal itu disebabkan tidak semua orang memiliki selera seni dan ide yang indah untuk menghias ruangan mereka. Selain itu, desain interior juga tidak memiliki formula khusus atau aturan yang pasti. Oleh karena itu sebagian besar dari mereka memilih menggunakan jasa arsitek untuk membantu merancang desain interior yang tepat untuk mereka. 

Namun untuk membantu kalian yang ingin menciptakan desain interior untuk rumah atau bangunan lainnya, maka berikut tips dasar menciptakan desain interior sebuah ruangan yang menarik.

Tata Letak Fungisional Ruang


Sebuah desain interior ruangan dimulai dengan penataan letak fungisional sebuah ruangan. Yang perlu dilakukan untuk menentukan tata letak fungisional sebuah ruangan, diperlukan pengukuran ruang, pengukuran furniture, dan bermain main dengan peletakan ruangan seoptimal mungkin. Hal-hal yang perlu diperhatikan adalah merancang ruang-ruang utama seperti ruang tamu, tempat tidur, ruang makan dan dapur. Selain itu penting untuk memikirkan agar pemindahan perabot tidak sulit dilakukan sewaktu-waktu.

desain interior ruang keluarga dan dapur

Fungsi setiap ruangan tergantung dengan gaya hidup si pemilik rumah. Rumah dapat bercitra rasa mewah dengan dekorasi mahal apabila pemilik rumah gemar dengan kemewahan hidup. Atau rumah dapat menggunakan perabotan dekorasi yang minim dengan denah yang lebih banyak ruang terbuka apabila pemilik rumah berkarakter sederhana.

Model Tempat Duduk di Dalam Ruangan


desain interior ruang keluarga

Pemilihan tempat duduk yang tepat dalam sebuah ruang terutama ruang keluarga atau ruang tamu memang menciptakan efek yang luar biasa untuk image yang dihasilkan. Sofa atau tempat duduk yang dipilih lebih baik memiliki bahan yang berkualitas dan tahan lama. Jangan malas untuk mengunjungi beberapa toko sofa atau pameran furniture untuk mendapat model tempat duduk yang paling sempurna. Namun jangan lupa untuk mengukur terlebih dahulu ruang yang ingin diisi dengan tempat duduk. Jangan sampai tempat duduk yang sudah dipilih terlalu besar atau terlalu kecil.

Pemilihan Obyek Dekorasi Ruangan


desain interior ruang

Berikut tips untuk memilih obyek dekorasi ruangan :
  1. Memilih obyek dekorasi yang bermanfaat sekaligus menunjukkan gaya pemilik rumah
  2. Seringlah melihat majalah dan dating ke showroom interior untuk melihat dekorasi yang disukai
  3. Memperhatikan cara showroom menampilkan benda-benda dekoratif

Menambahkan Unsur Tanaman Hijau


tanaman desain interior ruang
Unsur tanaman hijau sangat berguna bagi desain interior suatu ruangan., apalagi bagi rumah yang tidak memiliki taman atau halaman rumah. Tanaman hijau mampu menciptakan kesan segar dan udara yang bersih. Tamanan hijau dapat diletakkan di berbagai ruangan, namun yang perlu diperhatikan adalah peletakan tanaman tersebut agar tidak mengganggu akses dan menghalangi pemandangan di belakangnya. Contoh tanaman hijau yang dapat menjadi pertimbangan desain interior rumah antara lain pakis mini dengan pot yang tinggi.

Menambahkan Layer Ruang


desain interior ruang tidur

Layering ruang sangat penting untuk kenyamanan dan kehangatan visual. Layering sebuah ruangan dapat diciptakan dengan sebuah karpet fuzzy berlapis atas karpet utama di dalam kamar, bantal bersusun di tempat tidur dan di kursi; tirai di jendela atau dengan sebuah selimut sisi kursi.

Semua elemen ini membentuk lapisan yang nyaman di dalam ruangan sehingga membantu menciptakan kesan hiasan estetika. Beberapa hal yang harus dipikirkan dalam menciptakan layer ruangan dalam desain interior adalah pemilihan tekstur material dan fabrics. Meterial yang berbeda membuat efek layering tampak lebih mewah.

Pengambilan Foto Ruangan dan Mengubahnya


Ini mungkin salah satu langkah yang paling penting. Hal ini dilakukan dengan cara mengambil foto dari ruangan yang sudah di desain interiornya. Ambilah foto dalam beberapa perspektif sehingga akan terlihat bagian yang masih kurang disukai kemudian mengubah beberapa obyek dekorasi yang dirasakan kurang tepat.

desain interior ruang tamu


0 Response to "Dasar-Dasar dalam Desain Interior Rumah"

Post a Comment