Inspirasi Desain Taman di Atap Rumah dan Gedung

Saat ini ingin membangun rumah baru, lahan yang mencukupi merupakan komponen utama yang harus terpenuhi. Sebagian besar orang menginginkan rumahnya memiliki lahan yang luas sehingga banyak ruang yang dapat dibangun di rumah tersebut. Namun masalahnya, lahan merupakan komoditi yang langka saat ini. Akibat perkembangan wilayah yang sangat pesat apalagi di perkotaan, kesulitan mendapatkan lahan untuk pembangunan rumah baru sangat terasa.

Saat beberapa petak lahan telah tersedia, mungkin luasnya tidak mencukupi untuk mengakomodasi kebutuhan rumah yang diinginkan. Wajar, karena semua orang ingin rumahnya memiliki luas yang lapang baik untuk bangunan dan halaman rumah. Sejalan dengan preferensi konsep rumah yang semakin berkembang, kebutuhan terdapat lahan untuk membangun juga semakin meningkat. Rasanya ingin sekali rumah kita memiliki berbagai ruangan yang kita ingin buat, halaman yang luas, taman yang indah bahkan garasi kendaraan yang memiliki daya tampung tinggi.

Atau bagi Anda yang sudah memiliki rumah namun tidak memiliki taman, dan ingin membuat taman di rumah Anda, jangan khawatir karena saat ini sudah ada teknologi taman di atap rumah (rofftop garden) yang tidak kalah indah dan hijau serta populer dibanding landed garden. Taman di atap rumah memang menjadi solusi alternatif untuk masalah desain rumah yang tidak memiliki halaman depan, samping dan halaman belakang. Taman di atap mampu memanfaatkan ruang kosong diatas bangunan yang bisa diubah menjadi oase lingkungan yang indah. Konsep taman di atap rumah ini dipercaya mampu meningkatkan kualitas hidup dan kualitas lingkungan sekaligus. Berikut beberapa konsep taman di atap rumah yang mungkin dapat menjadi inspirasi bagi yang kesulitan mendapatkan lahan untuk membuat taman.

taman di atap rumah dan gedung

desain taman hijau di atap rumah dan gedung

konsep taman di atap rumah dan gedung


Seperti yang mungkin Anda sudah bayangkan, membangun taman di atap rumah sendiri tidak semudah membuat taman di tanah. Namun, dengan perencanaan proyek yang baik, konsep taman di atap rumah ini akan menjadi bagian favorit Anda saat berada di rumah. Hal-hal yang perlu dirancang dengan seksama dan hati-hati adalah penahan tekanan tanah, container dan kekuatan struktur rumah untuk pembangunan pagar, tanaman, kursi santai, lampu dan ornamen lainnya.

Pagar merupakan fitur yang penting untuk taman di atap rumah karena mampu mengantisipasi agar benda atau orang tidak jatuh di bawah. Selain pagar, yang perlu dipikirkan adalah jenis tanaman yang dapat tumbuh di iklim sekitar. Tanaman harus tahan panas dan terik matahari terutama bagi rumah di perkotaan. Jangan lupa untuk memikirkan pemeliharaan tanaman tanam dan instalasi alat penyiraman tanaman yang bagus. 

Konsep atap diatas rumah ini juga dapat diterapkan untuk gedung-gedung lain seperti perkantoran, perdagangan, dll. Jadi terobosan desain taman di atap rumah atau gedung ini diharapkan dapat memperbaiki kualitas lingkungan dan kelangkaan lahan.

0 Response to "Inspirasi Desain Taman di Atap Rumah dan Gedung"

Post a Comment