Inspirasi Desain Rumah Minimalis Khas Jepang

Rumah minimalis bergaya budaya Jepang banyak digemari di Indonesia. Desain rumah Jepang kental dengan kesederhanaan baik dalam arsitektur dan desain interior estetikanya sehingga menghasilkan desain interior yang tenang. Rumah gaya Jepang terkenal dengan desain yang rapi dan bersih serta menonjolkan keseimbangan komposisi ruang, ketenangan dan unsur alam yang kental.

Memahami upacara teh di Jepang dan gaya hidup dari Jepang menjadi sangat menarik dan layak mereplikasi dalam kehidupan kita sehari-hari termasuk gaya rumah kita. Desain interior Jepang memiliki kelebihan yang mampu memperindah dekorasi rumah kita. Mmari kita lihat 10 cara untuk menambahkan beberapa gaya Jepang ini ke rumah Anda.

Unsur Alam di Desain Interior Rumah Gaya Jepang



desain rumah minimalis

Budaya Jepang penuh dalam cinta dan menghormati alam. Cara terbaik untuk mempertahankan hubungan yang kuat dengan alam adalah untuk membawa alam di dalam ruangan.

Anda dapat menambahkan tanaman tradisional Jepang, seperti bonsai dan bambu ke dalam rumah Anda. Hal itu akan mampu memberikan sentuhan budaya Jepang. Tanaman Jepang identik dengan warna hijau. Jika Anda mengalami kesulitan dalam menemukan bonsai atau bambu di lingkungan Anda, maka Anda dapat menambahkan tanaman kecil seperti kelapa mini atau anggrek ke rumah Anda. Namun jangan tambahkan tanaman berwarna warni karena di rumah Jepang tidak memiliki tanaman warna-warni sehingga tanaman apapun yang Anda pilih, harus tetap sederhana, alami dan hijau.

Rumah Jepang juga membawa alam ke dalam ruangan melalui jendela besar dan luas yang memungkinkan pandangan alam dapat dinikmari dari setiap sudut rumah. Di dalam kamar dapat ditambahkan pintu kaca geser yang besar sehingga mampu menunjukkan pemandangan alam di dalam ruangan.

Bak Perendaman Rumah Gaya Jepang


Suara tenang dengan gemericik air akan menenangkan meditasi, dimana meditasi ini sangat khas di Jepang. Sama seperti tanaman, unsur air penting dalam rumah Jepang. Di Indonesia, bak air dapat Anda letakkan di dekat tempat olahraga Yoga ataupun tempat bersantai favorit Anda lainnya.

Ofuro, diterjemahkan sebagai mandi di Jepang, adalah tradisi yang membuat Anda tenang dan baik serta layak ditambahkan ke dalam rumah Anda. Bak rendam Jepang berbentuk kotak kecil dan dilengkapu dengan semacam bangku. Bak ini sempat menjadi tren karena mampu meningkatkan stamina dan kesehatan.

Selain bak kecil di untuk perendaman meditasi Anda, Anda juga dapat mengubah kamar mandi dengan menambahkan satu bak perendaman bergaya ini. Ini mampu menciptakan lingkungan rumah seperti tempat spa di rumah Anda.

Gaya Pintu dan Jendela Gesar Rumah Khas Jepang


Jendela dan pintu di Jepang otentik disebut Shoji, merupakan elemen desain yang penting dalam rumah Jepang.

Karena tingginya biaya perumahan, rumah Jepang cenderung kecil dan banyak warga menyewa apartemen, sehingga menghemat penggunaan setiap persegi ruang menjadi sangat penting. Tidak seperti pintu, jendela dan pintu Shoji dapat digeser bolak-balik untuk menghemat ruang.

Desain Jendela dan pintu Jepang dalam versi kuno biasanya terbuat dari kertas tembus pandang yang dibingkai kayu. Namun, versi modern dari desain jendela dan pintu Jepang ini dapat terbuat dari panel kaca di dalam kotak kayu.

Manfaat dalam desain jendela dan pintu Jepang ini adalah tidak memblokir cahaya alami dan pemandangan alam. Mengganti dinding yang besar di rumah Anda dengan pintu kaca geser berpanel bisa menjadi cara yang bagus untuk menggabungkan gaya ini ke dalam rumah Anda.

Desain Interior Rumah Khas Jepang dengan Elemen Kayu dan Bambu


Salah satu cara terbaik untuk menyelaraskan rumah Anda dengan alam adalah dengan menambahkan elemen kayu alami ke dalam rumah Anda. Budaya Jepang dikenal menggunakan elemen kayu di seluruh rumah mereka.

Dinding, pintu, jendela dan bingkai dekorasi semua terbuat dari kayu alami. Jenis kayu yang paling umum digunakan adalah kayu maple, cemara, hemlock dan pinus merah. Bambu juga merupakan kayu yang populer digunakan untuk tujuan dekoratif. Pada dasarnya, tekstur kayu bisa dilihat di seluruh bagian di rumah Jepang. 

Desain Ruang Tamu Khas Rumah Jepang


desain interior rumah minimalis

Bagian untuk menerima masuknya tamu di Jepang disebut genkan. Ini adalah ruangan yang digunakan untuk menyambut pengunjung dan juga tempat dimana sepatu dilepaskan dan diganti dengan sandal dalam ruangan.

Contoh ruang tamu bergaya Jepang dibawah ini menunjukkan pintu masuk memiliki rak atau lemari disebut getabako yang digunakan untuk menyimpan sepatu dan pintu masuk sederhana dengan desain yang menggunakan elemen kayu dan banyak pencahayaan alami yang masuk ke dalam ruangan.

Batu ubin lantai juga populer di rumah-rumah Jepang, terutama di ruangan masuk. Untuk meniru desain ini, maka dapat menggunakan keramik atau lantai kayu dengan garis-garis sederhana dari desain Jepang.

Gaya Furniture Rumah Jepang


Rumah di Jepang memang tidak memiliki banyak furniture di setiap ruangannya. Bahkan kebanyakan rumah memiliki ruang TV dan ruang tamu yang tidak dipisahkan dalam dua ruangan. Kita masih dapat meniru gaya furniture Jepang melalui kesederhanaannya.

Sebagian besar perabotan Jepang berbentuk pendek atau tidak tinggi. Meniru desain interior Jepang yang sederhana dapat dilakukan dengan menggabungkan furniture bergaya rendah ke rumah kita, seperti meja sederhana dan gaya tempat tidur rendah. Atau kita bisa meletakkan meja papan rendah dilantai dengan bantal lantai untuk duduk untuk menampilkan kesan romantis di dalam ruang makan pribadi Anda.

Prinsip Desain Rumah Minimalis Jepang


desain interior rumah minimalis rumah Jepang

Seperti yang mungkin sudah ditulis dibagian awal, desain rumah Jepang adalah bersih dan minimalis, kadang-kadang bahkan tidak ada banyak furnitur khas yang ada ada di rumah Jepang. Jika Anda tetap ingin menggunakan banyak furniture dan kenyamanan modern namun juga ingin memiliki desain interior gaya Jepang, maka solusinya adalah dengan menciptakan desain supaya tetap sederhana dan rapi. Furniture harus modern, bersih berlapis dan terbuat dari kayu alami. Pencahayaan dapat dari sudut dan modern atau pencahayaan bisa meniru gaya khas lentera Jepang. 

Ruang Terbuka dan Pencahayaan Rumah Khas Jepang


Seperti disebutkan di atas bahwa ruang terbuka dan prinsip-prinsip desain minimalis rumah Jepang menonjolkan pencahayaan. Cahaya alami berlimpah mengisi rumah-rumah Jepang dengan membawa pandangan tenang dan warna alam. Jendela yang besar dan luas dan bukaan langit-langit atap seperti skylight, adalah cara sempurna untuk menambahkan desain yang cerah ini ke rumah Anda. Tidak ada gorden tebal yang dipasang agar tidak ada yang menghalangi cahaya yang masuk ke dalam rumah. Gorden dapat diganti dengan bamboo-bambu kecil sederhana atau panel tirai tipis.

Warna Desain Rumah Gaya Jepang


Sesuai dengan keindahan alam dunia luar, rumah Jepang biasanya mengandung warna sederhana dari alam. Warna dominan berasal dari elemen kayu, dan hijau tanaman. Lantai berupa kayu atau ubin batu abu-abu, dan sebagian dindingnya diganti dengan layar tembus pandang dalam kertas buram.

Hasil desain ini menghasilkan palet warna sederhana yang sangat netral. Untuk menirunya, bisa dilakukan dengan memasukkan unsur kayu alami melalui rak kayu, panel dinding, dan lantai bernada abu batu.

Jangan lupa untuk menambahkan banyak warna hijau melalui tanaman hias alami. Kesederhanaan adalah kunci ketika memilih palet warna rumah Anda. Lihatlah di luar jendela Anda untuk melihat warna elemen alami yang dapat Anda memasukkan dalam rumah Anda.

Desain Ruang Santai Gaya Jepang


Budaya Jepang sangat terasa dengan menciptakan ruang yang benar-benar tenang di rumah untuk minum teh atau melakukan yoga. Cari tempat yang tenang di rumah Anda, lengkapi dengan bantal lantai untuk bermeditasi atau hanya duduk dan santai. Jangan lupa untuk menambahkan fitur air sehingga suara tetesan air akan mengalahkan segala suara yang mengganggu.

Cat ruangan dalam ruangan ini direkomendasikan berwarna hijau atau cokelat, tambahkan beberapa tanaman hijau hidup, dan alat musik sederhana yang menjadi favorit Anda.




0 Response to "Inspirasi Desain Rumah Minimalis Khas Jepang"

Post a Comment