Kelebihan Desain Rumah Minimalis

Tahun 2005 menjadi tahun yang banyak memunculkan desain - desain rumah minimalis. Kemunculan gaya minimalis ini berkaitan erat dengan perubahan gaya hidup masyarakat yang semakin instan, ingin melihat hasil secara cepat, gaya yang sederhana dan keinginan pergerakan serta mobilitas yang tinggi. Gaya hidup yang muncul di kalangan masyarakat kebanyakan serba mudah, praktis, sederhana dan cepat. Misalnya gadget yang multifungsi, televisi layar tipis dan tanpa tabung, komputer yang portable sehingga mudah dibawa kemana-mana. Bahkan cara berbusana juga mengalami perubahan menjadi lebih sederhana namun tetap nyaman dan modis.

Saat ini banyak developer perumahan yang menyediakan perumahan bergaya minimalis sebagai produk andalan untuk menjaring konsumen. Strategi ini dianggap berhasil karena memang peminat desain rumah minimalis akhir-akhir ini sangat tinggi. Pasar perumahan saat ini menghadirkan berbagai pilihan rumah minimalis yang memungkinkan kita memiliki rumah minimalis yang sesuai cerminan diri dan gaya hidup kita.

Nilai keindahan desain rumah minimalis tidak lagi mengandalkan ornamen dan obyek artifisial tapi lebih bermakna pada bentuk, fungsi, dan penjiwaan terhadap karya yang diciptakan. Oleh karena itu, sangat cocok jika kemudian masyarakat saat ini memilih desain rumah minimalis sebagai tempat tinggal yang penuh keselarasan dan kesederhanaan.

contoh desain rumah minimalis


Konsep desain rumah minimalis bertujuan untuk meningkatkan nilai suatu ruang secara keseluruhan baik interior maupun eksterior dengan mengurangi segala sesuatu yang berlebihan dalam ruang tersebut. Filosofi minimalis mewakili gaya hidup yang praktis, dinamis, ringkas, efektif dan efisien. Kelebihan desain rumah minimalis dibanding desain rumah yang lainnya antara lain :
  • Ruang menjadi terasa lega sesuai kebutuhan penghuni, mengoptimalkan sirkulasi udara segar dan pencahayaan matahari yang melimpah. 
  • Desain rumah minimalis mampu menghilangkan kejenuhan terhadap pemakaian banyak ornamen dekoratif, pernak pernik aksesoris yang berlebihan sehingga mampu membentuk kualitas ruang yang maksimal.
  • Desain rumah minimalis mengutamakan kualitas karena merupakan terjemahan sebuah gaya dan pola kehidupan masa sekarang yang serba cepat, praktis dan instan.
  • Desain rumah minimalis menggunakan bahan-bahan sederhana karena unsur kesederhanaan yang kuat bukan kemewahan dengan material mahal.
  • Desain rumah minimalis dapat menghemat pemakaian bahan material tapi menghasilkan tampilan yang artistik.
  • Konsep desain rumah minimalis lebih multifungsi dengan mengutamakan kegunaan ruang, rancangan desain dalam bangunan dan fasad hanya dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan saja.
desain rumah minimalis

Pemilihan desain rumah minimalis, entah itu fasad, komposisi ruangan, desain interior dan eksterior tidak bisa dipungkiri menjadi bagian keseharian sekaligus cerminan gaya hidup masa kini. Semakin spesifik pilihan desain, semakin tergambar jelas bagaimana karakter pemilik rumah. Tidak heran jika rumah minimalis digemari masyarakat saat ini karena kelebihan desain rumah minimalis dibanding desain rumah lainnya.

0 Response to "Kelebihan Desain Rumah Minimalis"

Post a Comment