Inspirasi Desain Rumah Minimalis Levente Sirokai di Hungaria

Desain rumah minimalis harus memenuhi nilai-nilai minimalis yang kekal. Kali ini akan saya berikan inspirasi untuk membangun rumah minimalis Anda dengan salah satu desain rumah minimalis yang terkenal yaitu rumah di Big-Proud Peak, Hungaria dengan sebutan Levente Sirokai. Rumah minimalis ini terkenal dengan desain rumah batu bata yang panjang hasil rancangan arsitek Laszlo Foldes dan Peter Sonicz.

Dari segi pemilihan lokasi dibangunnya rumah ini, kedua arsitek itu bangga karena mendapatkan lokasi terbaik untuk menghindari kebisingan dengan suasana alam yang indah di puncak Big-Proud. Dibangun di Kota Pilisborosjeno, sebuah kota sekitar 15 km ke Utara Buda, suasana alam yang sangat indah dan hijau membentang antara bukit-bukit yang dikelilingi oleh villa yang dibangun di lereng bukit Pilis.

desain rumah minimalis


Dibangun diatas tanah kurang-lebih 100 m2, penempatan rumah berada di dekat jalan sempit dan curam agar mendapatkan pemandangan alam yang sempurna. Ketika membuka pintu gerbang, terdapat kanopi dan pohon yang rindang serta beton tempat parkir minimalis. Kontur taman yang miring di halaman rumah seolah membuat rumah ini tersembunyi dibalik taman tersebut ditambah dengan tanaman dan hewan peliharaan yang mempercantik estetika.

konsep rumah minimalis


Penempatan rumah mendekati jalan sempit dan curam. Ketika tiba di pintu gerbang, hanya kanopi hijau pohon yang teduh situs dan beton parkir minimalis yang terlihat. Berkat taman miring, rumah tersembunyi di balik ini kaya, menyambut flora dan fauna yang memainkan bagian penting dari estetika. Pemilik rumah minimalis ini bertujuan untuk menyelamatkan dan menjaga tanaman asli dan pohon sebanyak-banyaknya.

Konsep yang dikembangkan untuk rumah minimalis ini mempertimbangkan bentuk sempit dan panjang bangunan, bagaimana cahaya matahari dapat masuk secara maksimal serta mengedepankan usia pemilik rumah yang sudah cukup tua.

Di dalam penataan ruang rumah minimalis ini, terdapat lorong panjang yang menghadap lembah yang indah yang dimanfaatkan sebagai koridor dan ruang publik serta dindingnya didesain unik sebagai perpustakaan. Rak buku raksasa didesain dengan sistem modular serta dilengkapi dengan jendela yang dirancang dapat membuka dan menutup sehingga memungkinkan menjadi jendela yang yang berfungsi ganda sebagai sirkulasi udara sekaligus pencahayaan dari luar. Ruang baca ini juga dilengkapi dengan tempat duduk dekat jendela tersebut.

konsep rumah minimalis

konsep rumah minimalis


Semakin ke dalam, tangga rumah didesain ke lantai dasar dimana ada kamar mandi dan dapur serta dibaliknya terdapat kamar tidur utama. Dekat dengan pintu masuk utama disisi timur dimana kita tetap bisa melihat koridor utama, ada ruang kerja, kamar mandi serta kamar tidur lengkap dengan balkon yang menyediakan pemandangan bagian barat yang sangat indah.

Ruang tamu didesain lebih keatas menggunakan beberapa anak tangga dari koridor serta menyatu dengan perapian. Ruang tamu ini terhubung dengan taman teras yang ada di depannya. Hal ini membuat berbagai ruangan lebih terbuka dan mampu menikmati pemandangan dari berbagai sisi.

Tujuan umum dari konsep ini adalah untuk menjamin iklim interior yang tepat. Rumah minimalis ini memiliki dinding bata setebal 50 cm sehingga memenuhi standard teknologi pemanasan dan memberikan inersia termal yang cukup. Atap terbuat dari lempengan kayu, loteng berventilasi sebagai 'zona penyangga' sehingga mengoptimalkan iklim di dalam ruangan. Tidak ketinggalan teras ruang tamu berperan penting dalam perlindungan terhadap hujan atau sinar matahari yang intens terjadi di kawasan tersebut.

Untuk lebih jelasnya, berikut denah dari rumah minimalis yang menginspirasi banyak orang tersebut.
denah rumah minimalis


0 Response to "Inspirasi Desain Rumah Minimalis Levente Sirokai di Hungaria"

Post a Comment